PENGARUH METODE DISKUSI KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN SOFT SKILLS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS XI IPS SMAN 3 JEMBER

  • Moh Usman Kurniawan IKIP PGRI Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan soft skills siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan menggunakan metode diskusi kelompok dan metode konvensional.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Hasil analisis data diperoleh bahwa thitung = 7,37 dan ttabel diketahui harga kritik pada t0,05 = 2,92 dan pada t0,01 = 6,96. ( 7,37 > 6,96 > 2,92). Dengan demikian, nilai thitung > ttabel sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Kemampuan soft skills siswa yang diajarkan melalui metode diskusi kelompok lebih baik daripada kemampuan soft skill siswa yang diajarkan melalui metode konvensional. Oleh karena itu, metode diskusi kelompok dapat digunakan untuk membantu siswa di dalam proses pembelajaran khususnya dari peningkatan soft skills siswa (kerjasama dan tanggung jawab), sehingga siswa dapat memperoleh hasil yang maksimal.

Published
Nov 28, 2017
How to Cite
KURNIAWAN, Moh Usman. PENGARUH METODE DISKUSI KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN SOFT SKILLS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS XI IPS SMAN 3 JEMBER. Eco-Socio: Jurnal ilmu dan Pendidikan Ekonomi, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 45-57, nov. 2017. ISSN 2597-7806. Available at: <http://jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/ECS/article/view/329>. Date accessed: 15 oct. 2018.
Section
Articles