Pengaruh Modal Kerja, Keterampilan Tenaga Kerja, dan Inovasi Terhadap Pertumbuhan Usaha Kecil Batik di Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan

  • Anindita Trinura Novitasari STKIP PGRI Bangkalan

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adakah pengaruh modal kerja, ketrampilan tenaga kerja, dan inovasi terhadap pertumbuhan usaha kecil batik di Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan. Subjek penelitian adalah pengrajin batik tanjung bumi sebanyak 103 pengrajin dan diambil sampel sebanyak 82 pengrajin. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksploratif yaitu menggali secara luas tentang sebab-sebab atau hal-hal yang mempengaruhi sesuatu. Teknik pengumpulan data diambil dengan dua sumber yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari angket yang diisi oleh responden, data sekunder berupa pengumpulan data yang menjadi sumber tidak langsung dari kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangkalan.

Published
Nov 28, 2017
How to Cite
NOVITASARI, Anindita Trinura. Pengaruh Modal Kerja, Keterampilan Tenaga Kerja, dan Inovasi Terhadap Pertumbuhan Usaha Kecil Batik di Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan. Eco-Socio: Jurnal ilmu dan Pendidikan Ekonomi, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-13, nov. 2017. ISSN 2597-7806. Available at: <http://jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/ECS/article/view/325>. Date accessed: 15 oct. 2018.
Section
Articles