Perbedaan Prestasi Siswa Dengan Menggunakan Metode Kooperatif Jigsaw Dan Metode Diskusi Bidang Studi PKn Kelas VIII MTS An-Nur Kembang Jeruk Kecamatan Banyuates Kabupaten Sampang Tahun Pelajaran 2015/2016

  • Samir Samir STKIP PGRI Bangkalan
  • Mety Liesdiani STKIP PGRI Bangkalan
  • Imam Mawardi STKIP PGRI Bangkalan
Keywords: Prestasi Siswa, metode kooperatif, Jig Saw, metode diskusi

Abstract

Dilakukan penelitian untuk menciptakan pembelajaran yang opektif dan efisien maka maka upaya yang dilaksanakan ialah menentukan metode yang tepat agar memperoleh hasil yang di inginkan, diantaranaya memakai Metode Jigsaw dan Metode Diskusi. Tujuan peneliatian adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi siswa yang menggunakan Metode Jigsaw dan Metode Diskusi bidang studi PKn kelas VIII An-nur Kembang Jeruk Kecamatan Banyuates Kabupaten Sampang Tahun pelajaran 20150/2016.

Metode pengumpulan data, penulis menggunakan metode tes dimana tes itu dilakukan setelah pembelajaran pada siswa VIII An-nur Kembang Jeruk Kecamatan Banyuates Kabupaten Sampang Tahun pelajaran 20150/2016, dengan menggunakan analisa data rumus produk moment

Jika disimpulkan, nilai t hitung lebih besar daripada nilai t tabel maka ada perbedaan prestasi belajar siswa setelah diadakan tes. Namun, bila nilai pada t hitung lebih kecil daripada nilai t tabel maka tidak ada perbedaan dalam prestasi belajar siswa. Sehingga, hipotesa kerja (Ha) dapat diterima, sedangkan hipotesa nihil (Ho) ditolak. Artinya, terdapat perbedaan antara prestasi siswa menggunakan Metode Kooperatif Jigsaw dan Metode Diskusi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-03-14