Pengaruh Status Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas VII Mts Al - Hidayah Bangkalan

  • Indrawati Firdaus
  • Moh. Hafidz STKIP PGRI Bangkalan
  • M. Sahid STKIP PGRI Bangkalan
Keywords: Efektivitas, media stimulasi visual, materi demokrasi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak ada Pengaruh Status Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas VII MTs Al - Hidayah Bangkalan. Sampel dalam penelitian ini adalah jumlah siswadiMTsAl - Hidayah Bangkalan dengan jumlah siswa 32 orang perempuan 22 dan laki - laki 10. Penelitian inimenggunakan penelitian kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa metode angket dan hasil rapot. Teknik analisis data ini menggunakan statistik uji t.

            Hasil penelitian pengaruh status ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKnMTs Al - Hidayah Bangkalan kelas VII sangat signifikan dengan tabel (d.b) 32- 2 = 30 nilai t = hitung yang diperoleh nilai sebesar 12, 96 dan nilai t tabel dengan taraf signifikasi = 5% diperoleh 2,042 dan pada signifikasi 1% diperoleh 2,750 yang ternyata nilainya lebih kecil dari pada t hitung. Artinya ada pengaruh status ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VII MTs Al - Hidayah Bangkalan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-03-14

Most read articles by the same author(s)