Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Media Stimulasi Visual Pada Materi Demokrasi Di Kelas VIII MTS Al – Jauhariyah Banyuates

  • Fitria Fitria STKIP PGRI Bangkalan
  • Didik Hermanto STKIP PGRI Bangkalan
  • Anindita Trinura Novitasari STKIP PGRI Bangkalan
Keywords: Efektivitas, media stimulasi visual, materi Demokrasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa selama pembelajaran menggunakan media stimulasi visual pada materi demokrasi, kedua mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan media stimulasi visual pada materi demokrasi dan mendeskripsikan tes hasil belajar setelah mengikuti pembelajaran menggunakan media stimulasi visual. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi aktivitas siswa, Angket respon siswa dan tes hasil belajar yang telah divalidasi.Dari hasil pengumpulan data, hasil analisis data dan pembahasan menunjukkan aktivitas siswa selama pembelajaran dalam kategori baik dengan rata-rata 3,37 yang kedua hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa terhadap pembelajaran berada dalam kategori positif dengan presentase rata-rata  respon siswa yaitu 74%. Dan hasil penelitian ini juga menggambarkan efektivitas dengan ketuntasan belajar secara klasikal dengan presentase 86% yang menunjukkan bahwa pembelajaran dapat dikatakan tuntas secara klasikal. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ketiga indikator aktivitas, respon, dan ketuntasan belajar siswa berada pada kategori baik, positif, dan tuntas secara klasikal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-03-14