Pengaruh Model Pembelajaran Cooperaive Script Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Di Smp Negeri 2 Burneh

  • Moh. Abdul Rokib STKIP PGRI Bangkalan
  • Sunardjo Sunardjo STKIP PGRI Bangkalan
  • Soubar Isman STKIP PGRI Bangkalan
Keywords: Cooperative script, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Cooperative Script terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis
penelitian kuantitatif pra eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes
yang berupa pretest dan posttest, angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis
data menggunakan Uji-t sampel bebas. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai –thitung < ttabel <
thitung (-6,399 < 1,671 < 6,399) maka H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya model
pembelajaran Cooperative Script berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hasil
uji validitas pada kelas eksperimen diperoleh nilai rhitung sebesar 0,90 sedangkan
rtabel dengan n=34 pada taraf signifikansi 1% adalah 0,436 dan taraf signifikansi
5% sebesar 0,339 dengan kriteria sangat tinggi (rhitung > rtabel) sedangkan untuk

hasil uji validitas pada kelas kontrol diperoleh nilai rhitung sebesar 0,61 sedangkan
rtabel dengan n=34 pada taraf signifikansi 1% sebesar 0,436 dan taraf signifikansi
5% sebesar 0,399 dengan kriteria tinggi (rhitung > rtabel). Respon siswa terhadap
model pembelajaran Cooperative Script berada pada kategori sangat baik dengan
presentase sebesar 89%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-03-14