Perbedaan Model Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) Dengan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas VIII Di Smp Islam Nurul Imam Klampis

  • Lukmanul Hakim STKIP PGRI Bangkalan
  • Sunardjo Sunardjo STKIP PGRI Bangkalan
  • M. Sahid STKIP PGRI Bangkalan
Keywords: Numbered heads together, hasil belajar siswa, pemecahan masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya perbedaan hasil belajar PKn
siswa dengan menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together)
Dengan Pemecahan Masalah (Problem Solving). Dalam penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif yaitu dengan menitik beratkan pada pengujian hepotesis dengan
menggunakan teknik analisis statistik yaitu uji “t” (Uji Beda). Menggunakan data
primer yaitu data yang dicari sendiri oleh peneliti karena tidak ada yang menyediakan
dan data skunder yaitu data yang sudah tersedia teknik pengumpulan datanya dengan
cara sekunder yaitu data yang sudah tersedia teknik pengumpulan datanya dengan cara
observasi langsung, pada kelas VIII (A-B) SMP Islam Nurul Imam Klampis,
dokumentasi, wawancara, dan pemberian tes setelah penerapan model pembelajaran
NHT (Numbered Heads Togheter) di kelas VIII-A sedangkan model Penbelajaran
Pemecahan Masalah (Problem Solving) di kelas VIII-B.
Temuan hasil penelitian yaitu nilai rata – rata hasil belajar ilmu pendididkan
kewarganegaraan (PKn) pada kelas VIII-A yang diajarkan dengan menggunakan
model pembelajaran NHT (Numbered Heads Togheter) 83,17 dan rata – rata hasil
belajar kelas VIII-B dengan menggunakan model pembelajaran pemecahan masalah
(problem solving)79,44 dengan nilai thitung =6,78 dan ttabel =2,10 maka thitung lebih
kecil dari ttabel (20,10> -6,78) dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima jadi
kesimpulannya terdapat perbedaan model pembelajaran HNT (Numbered Heads
Togheter) dan model pembelajaran Pemecahan Masalah (Problem Solving) yaitu
model pembelajaran menekankan terselesainya suatu masalah secara bernalar
sedangkan sedangkan Model pembelajaran NHT (Nubered Heads Togheter) yaitu
model pembelajaran menekankan pada diskusi kelompok kemudian memberikan nomer
pada masing – masing siswa serta pemberian pertanyaan sesuai dengan nomer yang
ditunjuk oleh guru.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-03-14

Most read articles by the same author(s)