Studi Eksplorasi Perkembangan Bahan Ajar Pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi Pada Era Paska Reformasi (Studi Kasus di Yogyakarta)

  • hastangka hastangka Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta
Keywords: Eksplorasi, Toko buku, Bahan Ajar, Pendidikan Pancasila, Paska Reformasi.

Abstract

Pendidikan Pancasila merupakan mata kuliah wajib umum yang diajarkan di Perguruan Tinggi di Indonesia sudah dikenal sejak era tahun 1978an, ketika Pancasila menjadi bagian penting dalam penanaman nilai-nilai kebangsaan dan karakter bagi masyarakat melalui program pedoman penghayatan dan pengamalan Pancasila (P4). Namun, konsep, materi, dan metode pembelajaran dan pengajaran pendidikan Pancasila pada era paska reformasi mengalami pergeseran dan perubahan. Pergeseran dan perubahan yang terjadi dalam konteks pendidikan Pancasila sejak paska reformasi menyangkut tiga aspek yaitu: aspek kebijakan, aspek materi, danb aspek metode yang diterapkan atau dikembangkan. Tujuan dari studi ini adalah untuk memetakan dan mengetahui perkembangan dan perubahan isi bahan ajar pendidikan Pancasila untuk perguruan tinggi pada era paska reformasi. Secara khusus, studi ini akan mengeksplorasi perkembangan dan perubahan bahan ajar pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi melalui studi kasus pada buku atau bahan ajar yang telah diterbitkan atau beredar pada toko buku di wilayah Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah kajian kepustakaan dan observasi di 5 toko buku umum yang terkenal dan menjadi rujukan di Yogyakarta antara lain: Gramedia, Kanisius, Toga Mas, Social Agency, dan Shopping center, Malioboro. Analisis dalam studi ini menggunakan analisis deskriptif-analitik dan analisis isi. Hasil dari studi ini menunjukkan bahwa sumber dan isi bahan ajar pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi pada era paska reformasi memiliki varian isi dan pendekatan yang beragam tergantung dari perspektif penulis. Studi ini menemukan bahwa toko buku di Yogyakarta menyediakan bahan ajar Pendidikan Pancasila berasal dari berbagai penulis dan penerbit. Dengan adanya berbagai macam varian bahan ajar pendidikan Pancasila menjadikan pembelajaran dan pengajaran pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi lebih mudah dan dosen dapat menggunakan berbagai sumber dan bahan ajar yang tersedia untuk mengajar lebih baik. Kesimpulan dari studi ini menunjukkan bahwa bahan ajar pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi pada era paska reformasi telah mengalami perkembangan dan perubahan yang pesat ditandai dengan banyaknya buku yang ditulis oleh pengarang atau penulis dengan berbagai perspektif tersebar di setiap toko buku umum di Yogyakarta.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-03-20
Section
Articles