Strategi Pemecahan Konflik Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Bangkalan

  • Ernawati Ernawati stkip pgri bangkalan
Keywords: konflik, penyebab konflik, pemecahan masalah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab konflik, jika penyebab konflik diketahuai maka cara pengendalian konflik bisa dilakukan dengan cara konsialisasi, mediasi, arbitrasi dan pengendalian dengan mediasi sejawat, sehingga konflik yang terjadi bisa diselesaikan dengan benar dan tepat melalui cara-cara yang tidak merugikan salah satu pihak, agar tidak terjadi permusuhan atau kekerasan yang diakibatkan karena adanya konflik. Objek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa SDN Kemayoran 1 Bangkalan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan siswa terlibat konflik di sekolah dan untuk mengetahui bagaimana  sekolah menangani konflik yang terjadi pada siswa sekolah dasar. Untuk mendapatkan data yang diharapkan, peneliti akan mengumpulkan data menggunakan dua teknik, yaitu teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa penyebab konflik berupa ejekan seorang siswa kesiswa lainnya yang berujung perkelahian. Penyebab utamanya yaitu tidak ada yang mau mengalah sehingga terjadi rebutan yang mengakibatkan pertengkaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-03-20
Section
Articles