Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila melalui Kurikulum K13 di Sekolah Dasar

  • Ika Lis Mariatun STKIP PGRI Bangkalan
  • Dian Eka Indriani STKIP PGRI Bangkalan

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif menggunakan triangulasi dengan memakai tehnik pengumpulan data, yaitu kuisioner/angket, observasi dan wawancara. penelitian dilakukan di Sekolah Dasar di Kecamatan Kamal yang menggunakan Kurikulum 2013; terdapat lima Sekolah Dasar di Kamal yakni SDN Banyuajuh 2, SDN Banyuajuh 3, SDN Banyuajuh 6, SDN Kamal 1, SDN Gili Anyar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menelaah jauh lebih dalam perkembangan pembentukan karakter Bangsa yakni karakter yang mengandung nilai Pancasila karena pendidikan yang mengandung nilai-nilai Pancasiladengan hakikat Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa merupakan tameng utama untuk menghadapi tantangan dan ancaman sebagai pembentuk karakter bangsa yang merupakan hal yang unik dan khas yang menjadi unsur pembeda antara bangsa yang satu dengan bangsa yang lain.

Published
Jul 30, 2018
How to Cite
MARIATUN, Ika Lis; INDRIANI, Dian Eka. Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila melalui Kurikulum K13 di Sekolah Dasar. Civic-Culture : Jurnal Ilmu Pendidikan PKN dan Sosial Budaya, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 153-160, july 2018. ISSN 2579-9924. Available at: <http://jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/CC/article/view/524>. Date accessed: 12 dec. 2018.
Section
Articles