Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila melalui Kurikulum K13 di Sekolah Dasar

  • Ika Lis Mariatun STKIP PGRI Bangkalan
  • Dian Eka Indriani STKIP PGRI Bangkalan
Keywords: Pendidikan karakter, kurikulum 2013, nilai-nilai Pancasila, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif menggunakan triangulasi dengan memakai tehnik pengumpulan data, yaitu kuisioner/angket, observasi dan wawancara. penelitian dilakukan di Sekolah Dasar di Kecamatan Kamal yang menggunakan Kurikulum 2013; terdapat lima Sekolah Dasar di Kamal yakni SDN Banyuajuh 2, SDN Banyuajuh 3, SDN Banyuajuh 6, SDN Kamal 1, SDN Gili Anyar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menelaah jauh lebih dalam perkembangan pembentukan karakter Bangsa yakni karakter yang mengandung nilai Pancasila karena pendidikan yang mengandung nilai-nilai Pancasiladengan hakikat Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa merupakan tameng utama untuk menghadapi tantangan dan ancaman sebagai pembentuk karakter bangsa yang merupakan hal yang unik dan khas yang menjadi unsur pembeda antara bangsa yang satu dengan bangsa yang lain.

References

Dekdikbud. (2013). Permendikbud 81A. . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Fraenkel, J. R. (2008). How to design and evaluate research in education. New York: Mc. Graw-Hill.
Indriani, D. E. (2016). Implementasi K13 dalam Proses Pembelajaran pada Anak Sekolah Dasar di Pulau Madura. Profesionalisme Guru dan Dosen dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan (p. 24). Bangkalan: Penerbit STKIP PGRI Bangkalan.
Indriani, D. E. (2017). Character Education Based on Pancasila Values Through Curriculum 2013 on Primary Education Children in Madura. . JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)2(1), 13-17.
Indriani, D. E., TjandraKirana, & Ibrahim, M. (2017). Pengembangan Perangkat Model Cooperative Scripts dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA dan Keterampilan Berkomunikasi Siswa di Sekolah Dasar. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 4(2), 495-502.
Martoredjo, N. (2016). Building Character Through Pancasila Values To Sovereign Nation. . Humaniora,7. , 116-121.
Pratama, A. W. (2015). Potret Pendidikan Karakter di Indonesia. Revolusi Pendidikan Karakter Bangsa (pp. 126-132). Malang: FIS UNM.
Pustaka, R. K. (2004). UUD 1945 dan Perubahannya. Jakarta: Kawan Pustaka.
Said, M. (2011). Pendidikan Karakter di Sekolah. Surabaya: PT Temprina Media Grafika.
Sujana, I. G. (2014). Peranan Pendidiakn Karakter dalam Membangun Perilaku Pembelajaran. Jurnal Widya Acharya, 26-35.
Winarno. (2007). Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan. Surakarta: PT. Bumi Aksara.
Winarno, & Wijianto. (2015). Model Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Pendampingan Organisasi Kemasyarakatan di Kota Surakarta. Revolusi Pendidikan Karakter Bangsa (pp. 266-272). Malang: FIS UNM.
Published
2018-07-30
Section
Articles