Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Multikultural dalam Pembinaan Keberagaman Masyarakat Indonesia

  • Julita Widya Dwintari Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak keberagaman dalam masyarakat. Keberagaman sering dipandang sebagai perbedaan, perbedaan semakin dipertajam dan sering dimanfaatkan sebagian orang untuk memenuhi ambisi dan kepentingan pribadi atau golongannya. Hal Ini menimbulkan konflik horizontal yang menyebabkan terpuruknya bangsa Indonesia, dan terjadinya kerusuhan dimana-mana.  Tujuan dari artikel ini adalah mendeskripsikan urgensi Pendidikan Kewarganegaran berbasis multikultural dalam membina keberagaman masyarakat Indonesia. Metode penelitian ini adalah kajian pustaka. Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) berbasis multikultural memegang peranan yang sangat penting dalam membina keberagaman masyarakat Indonesia agar keberagaman tidak menjadi sumber konflik, tetapi justru sebagai dasar dalam bertoleransi dan saling menghargai keberagaman yang ada demi mewujudkan negara Indonesia yang ber-Bhineka Tunggal Ika. Pembelajaran PKn yang berbasis pendidikan multikultural merupakan satu metode dan strategi sederhana, dalam rangka menciptakan karakter anak bangsa yang bisa hidup dalam nuansa perbedaan. Oleh karena itu dalam proses pembelajarannya siswa harus didekatkan dengan masyarakat, kehidupan dan permasalahan dalam masyarakat. Siswa harus terbiasa dan telatih dalam menghadapi dan memecahkan permasalahan keberagaman yang ada dalam masyarakat. Guru PKn harus melakukan transformasi diri dan restrospeksi diri untuk mempersiapkan dirinya mengawal dan mengajar dengan basis multikultural. Guru harus mendapat bimbingan dan arahan agar dapat berperan secara maksimal sehingga pendidikan multikultural dapat diimplementasikan melalui PKn dengan baik. Pendidikan multikultural baik dalam PKn maupun mata pelajaran lain sebaiknya ditingkatkan pelaksanaannya khususnya di  daerah bekas konflik dan daerah yang memiliki kebergaman yang banyak guna mencegah terulangnya kembali konflik tersebut.

Published
Jan 31, 2018
How to Cite
DWINTARI, Julita Widya. Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Multikultural dalam Pembinaan Keberagaman Masyarakat Indonesia. Civic-Culture : Jurnal Ilmu Pendidikan PKN dan Sosial Budaya, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 69-81, jan. 2018. ISSN 2579-9924. Available at: <http://jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/CC/article/view/323>. Date accessed: 15 oct. 2018.
Section
Articles