EMPOWERING COMMUNITY LITERASI ACTIVTIES AS WISE SOLUTION TO ENHANCE SOFT AND HARD SKILL AT KENDUNG SURABAYA

  • Yulis Setyowati Universitas Wijaya Putra
  • Aironi Zuroida Universitas Wijaya Putra
  • Nuansa Rahmadi Universitas Wijaya Putra

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dalam rangka lebih mengoptimalkan warga Kendung RT 01 RW 03 yang mempunyai jumlah usia sekolah lebih dari 40%. Anak-anak usia sekolah tersebut lebih banyak menghabiskan waktu senggang mereka dengan hanya melakukan kegiatan yang kurang bermanfaat dan tidak mendukung tumbuh kembang mereka. Jika mereka tidak sedang bersekolah mayoritas mereka hanya menghabiskan waktu mereka dengan asyik bermain ‘gadget’ atau sekedar duduk tanpa melakukan aktifitas yang berarti. Bisa dikatakan anak-anak tersebut terlalu banyak menggunakan waktu mereka dengan pengoperasian gadget seperti smartphone ataupun ‘tablet.’ Program ini diinisiasikan dengan latar belakang salah satunya permasalahan penggunaan waktu yang tidak bermanfaat dan sia-sia.


Kharakteristik anak-anak usia sekolah di wilayah kedua Gang tersebut sama-sama menghabiskan waktunya untuk mengoperasikan gadget mereka. Dari survey yang telah dilakukan orang tua mereka juga tidak berdaya menghadapi sikap anak-anak tersebut, seharusnya orang tua diharapkan lebih berperan aktif untuk mengarahkan anak-anak mereka.


Sangat diperlukan solusi yang bijak untuk seluruh masyarakat baik orangtua, anak-anak dan remaja lebih menjadi kreatif dan lebih tanggap terhadap perubahan yang terjadi. Target luaran kegiatan Program Kemitraan Masyarakat ini adalah sebuah model pemberdayaan kampung literasi bagi seluruh warga yang meliputi orangtua, remaja, dan anak-anak. Diharapkan dengan memaksimalkan kampung literasi dengan tujuan agar mereka lebih responsif, peduli terhadap sesama, dan lebih berdaya guna terhadap dirinya dan lingkungan sekitar sehingga masyarakatnya akan lebih kondusif dan kreatif.


Metode yang diimplementasikan pada program ini adalah pengembangan dan pemberdayaan kampung literasi kampung Kendung RT 01 RW 03 Dan salah satu pengembangan dan pemberdayaan tersebut lebih mengoptimalkan Taman Bacaan Warga yang akan digagas di lingkungan RT 01. Selain itu pengadaan Taman Bacaan Warga, Parade Membaca, Festival Menulis Tokoh Kampung, tantangan mempresentasikan apa yang sudah dibaca, seminar dan workshop tentang membaca.


Hasil dari kegiatan ini diharapkan mampu meningkatan keterampilan baik soft skill dan hard skill di kelompok mitra binaan. Lebih jauh lagi, hasil kegiatan ini diharapkan mampu menciptakan masyarakat yang harmonis, tanggap situasi, peka terhadap perubahan sosial dan aman sejahtera jauh dari kejahatan.


          

Published
Jul 26, 2018
How to Cite
SETYOWATI, Yulis; ZUROIDA, Aironi; RAHMADI, Nuansa. EMPOWERING COMMUNITY LITERASI ACTIVTIES AS WISE SOLUTION TO ENHANCE SOFT AND HARD SKILL AT KENDUNG SURABAYA. Abdiku : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 45-54, july 2018. ISSN 2614-1450. Available at: <http://jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/Abdiku/article/view/518>. Date accessed: 18 oct. 2018.
Section
Articles