GURU SEKOLAH DASAR DI KEC. PADEMAWU “WORKSHOP PEMBUATAN MEDIA DAN PEMBELAJARANNYA DENGAN MENGGUNAKAN KERANG KIPAS DAN KERANG BAMBU (LORJUK)”

  • Ukhti Raudhatul Jannah Universitas Madura
  • mohammad amiruddin Universitas Madura
  • Yanti Linarsih Universitas Madura

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk (1) memberikan workshop pembuatan media pembelajaran bagi guru-guru sekolah dasar dengan menggunakan kerang kipas dan kerang bambu (lorjuk), (2) mempraktikkan cara penggunaan media pembelajaran kulit kerang yaitu kerang kipas dan kerang bambu (lorjuk) pada guru sekolah dasar. Tahapan dalam pengabdian ini adalah (1) Penyelenggaraan workshop pembuatan media pembelajaran dengan menggunakan kulit kerang yaitu kerang kipas dan kerang bambu, (2) Pendampingan penggunaan media pembelajaran kerang kipas dan kerang bambu di kelas, (3) Evaluasi kegiatan dilakukan dengan cara guru-guru yang telah mengikuti rangkaian kegiatan diminta respon dan saran untuk keberlanjutan kegiatan ini serta manfaat dari kegiatan IbM yang telah dilakukan. Kegiatan ini dilakukan untuk membantu guru-guru dalam meningkatkan profesionalisme guru ketika mengajarkan konsep matematika kepada siswa agar konsep matematika dapat dipahami dengan baik. Serta membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan pengahasilan masyarakat daerah pesisir di kecamatan Pademawu. Luaran yang dihasilkan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah media pembelajaran matematika yang terbuat dari bahan kulit kerang yaitu kerang kipas dan kerang bambu dengan disertai cara penggunaan media tersebut dan cara membelajarkanya.


 


          

Published
Jul 1, 2018
How to Cite
JANNAH, Ukhti Raudhatul; AMIRUDDIN, mohammad; LINARSIH, Yanti. GURU SEKOLAH DASAR DI KEC. PADEMAWU “WORKSHOP PEMBUATAN MEDIA DAN PEMBELAJARANNYA DENGAN MENGGUNAKAN KERANG KIPAS DAN KERANG BAMBU (LORJUK)”. Abdiku : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 26-39, july 2018. ISSN 2614-1450. Available at: <http://jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/Abdiku/article/view/515>. Date accessed: 12 dec. 2018.
Section
Articles