Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book Menggunakan Kvisoft Flipbook Berbasis Problem Solving

  • pixyo riza UIN Raden Intan Lampung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran digital book matematika menggunakan software Kvisoft Flipbook berbasis Problem Solving pada materi Teorema Pythagoras Kelas VIII SMP/MTs dan untuk menguji kelayakan media digital book yang dikembangkan melalui para Ahli serta mengetahui kemenarikan respon peserta didik. Jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Langkah-langkah penelitian dan pengembangan berpedoman pada model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Tahap development melibatkan 6 validator menilai kelayakan materi dan media.tahap Implementation melibatkan 80 peserta didik (30 peserta didik di MTs Negeri 2 Bandar Lampung, 30 peserta didik di SMP Negeri 21 Bandar Lampung, dan 20 peserta didik SMPN 36 Bandar Lampung). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian ini adalah diketahuinya kelayakan menurut para ahli yang meliputi ahli media, ahli materi, praktisi juga dengan mengetahui kemenarikan dari pengembangan media pembelajaran berupa digital book dalam pembelajaran matematika pada materi teorema Pythagoras. Hasil validasi dari ahli materi, ahli media yang dilakukan dalam 2 tahap hasil presentase rata-rata ahli materi sebesar 86% dan ahli media sebesar 86%. Untuk respon peserta didik terhadap media pembelajaran berupa digital book berbasis problem solving memperoleh hasil skor yaitu untuk MTs Negeri 2 Bandar Lampung sebesar 85%, SMPN 21 Bandar Lampung sebesar 86% dan SMPN 36 sebesar 84%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-31