EVEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ADDIE BERBANTU MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

  • popydarsono popy darsono jurnal
  • netriwati M.Pd
  • hasansastranegara M.Pd

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan ke efektifan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dengan penerapan model ADDIE berbantu Mind Mapping lebih efektif dari pembelajaran problem based learning. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan menggunakan desain Pretest – Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik pada kelas X SMA Negeri 2 Natar. Pengambilan sampel menggunakan teknik acak kelas dengan teknik undian, diperoleh kelas X A sebagai kelas eksperimen dan kelas X B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis N-gain kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi Relasi dan Fungsi pada taraf signifikasi  diperoleh nilai  dan . Karena  ini berarti H0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dengan model pembelajaran ADDIE berbantu Mind Mapping lebih efektif dari model pembelajaran problem based learning.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-31