EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

  • syariful fahmi pendidikan matematika UAD

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena model  pembelajaran yang biasa diterapkan di SMP Negeri 3 Susukan masih berpusat pada guru dan siswa pasif dalam pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Make A Match. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1)efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Make A Match terhadap hasil belajar,(2)perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match .

                Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Susukan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, kelas VIII C sebagai kelas Eksperimen I, kelas VIII D sebagai kelas Eksperimen II dan kelas VIII E sebagai kelas uji coba.Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji homogenitas dilanjutkan  dengan uji hipotesis menggunakan uji-t.

Berdasarkan dari tes hasil belajar matematika siswa, nilai rata-rata kelas eksperimen I 77,93 lebih tinggi dibandingkan kelas Eksperimen II yaitu 71,6. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Susukan Tahun Ajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 2,145 dan  ttabel = 2,001. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih efektif dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Susukan Tahun Ajaran 2017/2018.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-31