Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Dengan Fieldtrip Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

  • Jamroni Wibi Darmani UIN Raden Intan Lampung
Keywords: reciprocal teaching dengan fieldtrip, kemampuan pemecahan masalah matematis.

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik sangatlah penting. Namun hasil obsevasi dan didukung oleh beberapa penelitian kemamuan pemecahan masalah matematis peserta didik masih sangat rendah. Diduga model pembelajaran reciprocal teaching dengan bantuan filedtrip mampu meningkatkan kemampuan pemecahan maslah matematis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model reciprocal teaching dengan fieldtrip terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah cluster random sampling dengan 2 kelas yaitu kelas eksperimen (kelas mendapat perlakuan model pembelajaran reciprocal teaching dengan fieldtrip), dan kelas kontrol (kelas mendapat perlakuan model konvensional). Uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian memperoleh bahwa ada perbedaan  kemampuan pemecahan maslah matematis peserta didik dengan menggunakan model pemebelajaran reciprocal eaching dengan fieldtrip terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Selanjutnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan model pembelajaran reciprocal teaching lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik menggunakan model pembelajaran konvensional. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdaat pengaruh dalam meningkatkan kemampuan pemecahan maslaah matematis peserta didik dengan penggunaan model pembelajaran reciprocal teaching dengan fieldtrip terhadap.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-31