Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Langsung dengan Media PhET (Physics Educational Technology) pada Materi Pokok Pecahan MTs Saiful Ulum Tanjungbumi

  • zainudin zainudin STKIP PGRI BANKALAN

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, subjek penelitian ini adalah siswa MTs Saiful Ulum kelas VII. Instrumen penelitian lembar validasi instrument, Tes Hasil Belajar (THB) yaitu pre test, post test 1 dan post test 2. Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran langsung menggunakan media PhET bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika siswa dapat dilihat dari tingkat pencapaian belajar siswa pada setiap siklus, yaitu ketuntasan awal belajar rendah hanya 0% siklus I meningkat menjadi 66,67% dan pada siklus II ketuntasan meningkat menjadi 91,67%. Hasil angket respon minat belajar siswa pada siklus I siswa yang merespon positif 69,25% menjadi 90%. Dengan demikian minat pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung menggunakan media PhET meningkat.

Published
Jan 31, 2018
How to Cite
ZAINUDIN, zainudin. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Langsung dengan Media PhET (Physics Educational Technology) pada Materi Pokok Pecahan MTs Saiful Ulum Tanjungbumi. APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 88-93, jan. 2018. ISSN 2580-9253. Available at: <http://jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/APM/article/view/358>. Date accessed: 15 oct. 2018. doi: http://dx.doi.org/10.31597/ja.v4i1.358.