Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Dan Mathematical Resilience Siswa Sma

ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN MATHEMATICAL RESILIENCE SISWA SMA

  • meri siti maryam IKIP Siliwangi
  • Riska Nurdiawan IKIP Siliwangi
  • Wahyudi Hermawan IKIP Siliwangi
  • Ratni Purwasih IKIP Siliwangi
  • Euis Eti Rohaeti IKIP Siliwangi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan penalaran matematis dan resiliensi siswa SMA untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal statistika. Metode penelitian ini adalah deskritif kualitatif. Tempat penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 4 Cimahi jurusan IPA kelas XII- MIA 3 semester 1. Penelitian ini tergolong dalam penelitian deskriptif kualitatif yang berupaya untuk mendeskripsikan analisis kesalahan siswa dalam mengerjakan dan menyelesaikan soal statistika. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA kelas XII di kota Cimahi jurusan IPA. Untuk memperoleh data penelitian digunakan instrumen berupa tes diagnostic soal statistika dan angket resiliensi siswa. Hasil penelitian didapat kesimpulan: (1) tingkat kemampuan siswa pada soal kemampuan penalaran masih rendah; (2) kesalahan siswa pada umunya belum memahami soal dan belum memiliki daya nalar yang baik; (3) siswa masih perlu ditanamkan mathematical resilience. Adapun solusi untuk mengatasi hambatan tersebut melalui latihan atai drill soal secara terstruktur dan memberikan soal yang beragam sebagai bahan untuk berlatih. Guru  mencoba menggunakan metode yang berbeda setiap pertemuan di kelas agar siswa tidak mudah jenuh dan berlatih berpikir dan memiliki penalaran yang tinggi.

Published
Jan 31, 2018
How to Cite
MARYAM, meri siti et al. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Dan Mathematical Resilience Siswa Sma. APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 47-55, jan. 2018. ISSN 2580-9253. Available at: <http://jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/APM/article/view/341>. Date accessed: 15 oct. 2018. doi: http://dx.doi.org/10.31597/ja.v4i1.341.