ANALISIS KESULITAN MAHASISWA BARU PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM MENGERJAKAN SOAL PISA

  • Aan Hendroanto Universitas Ahmad Dahlan
Keywords: Anaisis Kesulitan, PISA, Literasi Matematika

Abstract

Salah satu factor yang paling berpengaruh terhadap hasil tes PISA siswa Indonesia adalah guru yang melakukan kontak langsung dengan siswa. Oleh karena itu, lembaga pendidikan tenaga keguruan harus lebih mempersiapkan mahasiswanya agar mereka memiliki kemampuan literasi matematika yang baik sehingga mampu memahami dan menyelesaikan soal PISA. Untuk melakukah hal itu, diperlukan penelitian tentang kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa sehingga metode yang efektif dapat diterapkan untuk membantu mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi kesulitan mahasiswa pendidikan matematika dalam mengerjakan soal PISA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif melibatkan 20 mahasiswa baru pendidikan matematika Universitas Ahmad Dahlan. Pengumulan data menggunakan instrument tes PISA dan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif berdasarkan kerangka tes PISA. Hasil tes menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki performa yang baik pada soal dengan proses interpret,tetapi mereka kesulitan pada soal dengan proses formulate dan employ. Hasil yang baik juga ditemukan pada masalah dengan konteks individu dan sosial. Namun, pada masalah yang berkaitan dengan konteks pekerjaan dan ilmiah, mahasiswa tidak menunjukkan hasil yang cukup baik dalam memahami dan menyelesaikannya

Published
2018-01-31