Profil Pemahaman Siswa Sma Dalam Memecahkan Masalah Persamaan Kuadrat Ditinjau Dari Perbedaan Kepribadian Extrovert Dan Introvert

  • NURUL QOMARIAH SMAN 1 Arosbaya

Abstract

Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep dan algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat dalam pemecahan masalah merupakan tujuan dari pembelajaran matematika. Dalam memahami sesuatu, seseorang dengan yang lain memiliki cara yang berbeda, hal ini pula yang membuatĀ  cara berpikir setiap orang memiliki karakteristik yang khas, sehingga dapat mempengaruhi pemahaman seseorang terhadap sesuatu. Selain berbeda dalam tingkat kecakapan memecahkan masalah, taraf kecerdasan, atau kemampuan berpikir, siswa juga dapat berbeda dalam cara memperoleh, menyimpan serta menerapkan pengetahuan. Perbedaan-perbedaan antar pribadi yang menetap dalam cara menyusun dan mengolah informasi serta pengalaman-pengalaman ini merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi pemahaman siswa. Dalam memahami aljabar siswa juga harus paham mengenai aturan-aturan operasi dan hubungan-hubungannya serta dapat mengkonstruksi konsep-konsep yang muncul dari aturan-aturan tersebut. Salah satu materi aljabar di tingkat SMA adalah persamaan kuadrat. Persamaan kuadrat merupakan materi dasar yang akan tetap digunakan pada materi selanjutnya. Sehingga perlu dikaji pemahaman siswa dalam memecahkan masalah ditinjau dari perbedaan kepribadian Extrovert dan Introvert. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman siswa SMA dalam memecahkan masalah persamaan kuadrat ditinjau dari perbedaan kepribadian extrovert dan introvert. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini berdasarkan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif adalah siswa berkepribadian extrovert memiliki pemahaman relasional pada saat membaca dan menggali masalah, sedangkan pada saat membuat rencana/strategi dalam memecahkan masalah subjek memiliki pemahaman relasional, begitu pula saat melaksanakan rencana untuk memecahkan masalah subjek extrovert memiliki pemahaman relasional. Namun ketika melihat kembali dan refleksi hasil yang diperoleh subjek extrovert memiliki pemahaman instrumental. Hasil deskripsi subjek introvert pada saat membaca dan menggali masalah, subjek introvert memiliki pemahaman relasional. Pada tahap membuat rencana/strategi untuk menyelesaikan masalah subjek introvert memiliki pemahaman relasional. Pada tahap melaksanakan rencana untuk menyelesaikan massalah subjek introvert memiliki pemahaman relasioanal. Sedangkan pada tahap melihat kembali dan refleksi subjek introvert memiliki pemahaman relasional

Published
2016-01-29