MENGOPTIMALKAN PENGUASAAN KECEPATAN SISTEM PERKALIAN BILANGAN FPB DAN KPK PADA SISWA DI SDN GILI ANYAR KECAMATAN KAMAL SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DENGAN METODE KUMON

Penelitian tindakan sekolah

  • Nurhasanah Nurhasanah SDN Ba'engas 3
Keywords: penguasaan sistem perkalian, metode kumon

Abstract

ABSTRAK
Oleh :
NURHASANAH, M.MPd

MENGOPTIMALKAN PENGUASAAN KECEPATAN SISTEM PERKALIAN BILANGAN FPB DAN KPK PADA SISWA DI SDN GILI ANYAR KECAMATAN KAMAL SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DENGAN METODE KUMON

Kata kunci : Penguasaan sistem perkalian, Metode Kumon

Berdasarkan fakta atas hasil pengamatan peneliti selaku Kepala sekolah bahwa hasil ulangan harian selama tengah semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 mata pelajaran matematika siswa SDN Gili Anyar Kecamatan Kamal kurang memuaskan. 86% nilai ulangan harian siswa kelas IV tentang perkalian mereka masih kurang dari 6, Secara garis besar rancangan penelitian tindakan yang akan dilakukan terdiri dari 3 siklus, setiap siklus dirancang sedemikian rupa sehingga tindakan yang dilakukan membuat siswa Aktif, Kreatif, Efektif dan menyenangkan. Diharapkan melalui pembelajaran yang PAKEM kinerja siswa dan guru / peneliti lebih meningkat, proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan berkualitas siswa lebih kreatif, penguasaan perkalian lebih optimal dan hasil belajar matematika lebih memuaskan
Tujuan umum dari penelitian ini untuk mengetahui dapat/tidaknya penguasaan perkalian dioptimalkan melalui variasi Metode Kumon. Adapun tujuan khususnya adalah untuk : (1) Meningkatkan kinerja guru mengajar bodang studi matematika melalui pembinaan konsep pembelajaran metode Kumon (2) Memudahkan guru mengajar tentang konsep perkalian melalui pentahapan materi perkalian dari yang mudah sampai yang sulit
Bentuk tindakan dalam penelitian ini berupa supervisi (bimbingan kelompok) kepada guru-guru melalui rapat guru di ruang guru, agar mampu menyusun skenario pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran manipulatif material secara efektif.
Berdasarkan pembahasan temuan penelitian observatif oleh Kepala sekolah tentang "Optimalisasi pembinaan dan pengarahan konsep metode Kumon guna mengefektifkan pengajaran matematika" yang tercermin melalui 10 indikator, terbukti selama pembinaan sampai penerapan pembelajaran dengan metode KUMON berlangsung terjadi peningkatan mutu gaya mengajar yang variatif dan inovatif, sedangkan bagi siswa di SDN Gili Anyar Kecamatan Kamal Semester Ganjil Tahun Pelajara 2017/2018 melalui hasil pengamatan pengawas sekolah selaku peneliti telah terjadi peningkatan motivasi belajar secara signifikan

Published
2020-01-20