PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK TOPIK TRIGONOMETRI

  • Ida Sukmawati SMA Negeri 1 Muara Bengkal
Keywords: pengembangan perangkat, efektivitas, pembelajaran kooperatif tipe NHT, trigonometri

Abstract

Masalah penelitian ini adalah kesulitan dan rendahnya hasil belajar siswa pada materi pelajaran trigonometri di kelas X-B SMA Negeri 1 Muara Bengkal. Salah satu penyebab kurangnya antusias siswa mengikuti pelajaran matematika topik trigonometri karena metode pembelajaran yang dipilih guru kurang tepat. Kenyataan ini berbeda dengan yang diharapkan R. Soedjadi—dimana menurutnya guru perlu mengenal dan dapat melaksanakan dengan baik strategi, pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan kehandalan perangkat dan keefektifan pembelajaran kooperatif tipe NHT pada pembelajaran topik bahasan trigonometri di kelas X-B SMA tersebut. Metode penelitiannya menggunakan penelitian pengembangan dan deskriptif, lokasi penelitian SMA tersebut, dan subjek penelitiannya guru matematika kelas X dan siswa kelas X-B SMA tersebut. Data penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran kooperatif tipe NHT adalah baik dan keefektifan pembelajaran kooperatif tipe NHT untuk topik trigonometri di kelas X SMA tersebut efektif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-01-21