PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

  • Didik Hermanto STKIP PGRI Bangkalan
Keywords: media kartu berpasangan, media kartu domino, prestasi belajar

Abstract

Masalah yang dikaji penelitian ini adalah kesulitan belajar siswa pada pelajaran matematika, yang ditunjukkan dengan prestasi belajarnya. Hal ini menjadi masalah penelitian karena menurut E. Mulyasa pembelajaran harus mencapai KKM sehingga manusia yang dihasilkan memberikan konstribusi pada kemajuan suatu bangsa. Tujuan penelitiannya menjelaskan perbedaan prestasi belajar matematika antara pembelajaran yang menggunakan media kartu berpasangan dan media kartu domino siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Sepanjang. Metode penelitian menggunakan eksperimental dengan uji hipotesis (uji-t) menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil analisis statistik ttest ditemukan harga Fhitung 11,040 dan probabilitas 0,001 lebih kecil dari taraf nyata 0,05, sehingga Ho ditolak. Jadi, ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa antara yang diajar menggunakan media kartu berpasangan dan domino. Pada pembelajaran mempergunakan media kartu berpasangan rata-ratanya 67,08 dan kartu domino didapat rata-ratanya 75,69. Dengan demikian, diketahui bahwa pembelajaran dengan media kartu domino memberikan hasil belajar yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Didik Hermanto, STKIP PGRI Bangkalan

Program Studi S-1 Pendidikan Matematika

Published
2015-01-21