REPRESENTASI VISUAL DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL

  • Edy Setiyo Utomo STKIP PGRI Jombang
Keywords: kemampuan matematika, masalah kontekstual, representasi

Abstract

Fokus penelitian ini pada perbedaan kemampuan matematika antarsiswa dalam bidang pengenalan ruang (visual-spasial) dan kemampuan verbal (data penelitian E. E. Maccoby dan C. N. Jacklin, 1974). Temuan ini menjadi permasalahan tersendiri karena menurut konsep teoritis NCTM tujuan pembelajaran matematika untuk mengembangkan kemampuan komunikasi, penalaran, pemecahan masalah, koneksi, dan representasi matematis. Tujuan penelitiannya mendeskripsikan profil representasi siswa SMP dalam menyelesaikan masalah kontekstual matematika. Metode penelitan yang digunakan deskriptif-kualitatif. Menurut data penelitian ini memperlihatkan bahwa siswa berkemampuan tinggi memiliki representasi kognitif yang kompleks berbeda dengan siswa yang memiliki kemampuan sedang dan rendah yang memiliki representasi kognitif lebih sederhana.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Edy Setiyo Utomo, STKIP PGRI Jombang

Program Studi Pendidikan Matematika

Published
2015-07-21