BERPIKIR ALJABAR DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

  • Wahyu Dwi Warsitasari STKIP PGRI Trenggalek
Keywords: berpikir aljabar, kemampuan matematika, pemecahan masalah

Abstract

Fokus masalah penelitian ini adalah kesulitan siswa dalam mempelajari materi pelajaran aljabar, yang menurut NCTM aljabar sangat penting dan berguna untuk kehidupan mendatang seseorang. Tujuan penelitian mendeskripsikan profil berpikir aljabar siswa dalam pemecahan masalah matematika. Metode penelitiannya kualitatif-deskriptif yang dilakukan pada siswa kelas VII SMPN I Trenggalek dengan instrumen pengumpulan datanya peneliti sendiri, tes, dan wawancara. Berdasarkan data penelitian menunjukkan bahwa siswa kemampuan matematika tinggi berpikir aljabar dalam setiap tahapan pemecahan masalah yang diberikan, sedangkan siswa kemampuan matematika sedang dan rendah tidak selalu berpikir aljabar dalam setiap tahapan pemecahan masalah. Pemenuhan indikator-indikator berpikir aljabar dalam pemecahan masalah menunjukkan bahwa dalam berpikir aljabar ketiga subjek penelitian (siswa) menggunakan empat proses berpikir: generalisasi, abstraksi, berpikir dinamis, dan pemodelan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Wahyu Dwi Warsitasari, STKIP PGRI Trenggalek

Program Studi Pendidikan Matematika 

Published
2015-01-21